Oleh: ankamal | Desember 8, 2010

Ku Ingin Selalu Tersenyum

Illahi Ya Robb.
Semua atas kuasa-Mu.
Ucap syukurku tengadah disetiap waktu namun keikhlasan takdir seakan masih ku memungkirinya.
Lantunanku teruarai bersama derai kepasrahan, namun mengapa semakin ku tak berdaya ciptakan asa.
Cahaya-Mu nyata dan janji-mu setia tapi mengapa ku masih terdiam dan semakin ku menjauhi-Mu bersama keresahan lalui hari.
Rindu aku pada-mu Ya Robb.
Rindu aku kasih-mu Ya Robb.
Rindu aku bersama dekap-Mu Ya Robb.
Bimbing hamba utk s’lalu tersenyum dgn ketetapan-Mu Ya Robb.
Ya Robb… Ya.. Robbal’alamiin..

Oleh: ankamal | April 8, 2010

JERIT YANG SLALU ADA

Riak menggemuruh seantero pandang tak terbatas,
Kekaguman nampak bahkan pujian pun tak surut terlontar
S’lalu menjadi buah bibir bahkan rasa penasaranpun menguak
Hingga tak ayal mengeksplor semua yang mungkin tergali

Sebuah kemunafikan diri ataukah seekor anak ayam yang kehilangan induknya?
Pencarian ketenangan bathin ataukah hasrat yang s’lalu tak mampu dapati mimpi?
Keangkuhan yang mengaharap uluran ataukah hina yang menanti belas kasihan?
Tertunduk dalam hening, nyatanya jerit yang terasa.

Apakah diri ini benar-benar t’lah kehilangan tongkat,
Tak mampu berpegang pada kemampuan ciptakan dunia?
Ataukah memang sebuah roman picisan mengiba kasih dalam genggaman?
Nyatanya jerit yang terkuat dalam kelemahan tak berdaya.

Andaiakan rel-rel yang terus menghubungkan jalan ini harus berliku,
Terhempas beban kendaraan hilir mudik dalam laju kemudahan.
Adalah pelumas yang mencoba sirami kesat langkah yang semakin berat
Meberi dorongan tak henti berharap mampu tempuhi pantai harapan.
Nyatanya jerit s’lalu menggema tiada henti.

Sebuah kesadaran yang terabaikan,
Sebuah keluh yang terus tertanam.
Sebuah kepedulian yang tersembunyi.
Sebuah jerit yang s’lalu ada.

Oleh: ankamal | Januari 3, 2010

“Kurang PD” Bisa hilang ga ya?

Tahun Baru 2010 memang baru terlewati beberapa hari. Tentunya di awal tahun ini akan banyak rencana, harapan, dan segudang mimpi yang menjadi targetan hidup atau obsesi kamu. Tapi apa jadinya kalau rasa kurang percaya diri (PD) masih melekat pada diri kita….hmmm..bisa jadi semuanya hanya tinggal angan-angan belaka.

Lantas, kenapa tidak kita menghilangkan rasa kurang PD itu?… kira-kira bisa ga ya?
Di bawaqh ini ada sebuah keterangan yang akan mencoba mengulas tentang Rasa Percaya Diri termasuk bagaimana cara mengatasinya.
Semoga bermanfaat.
________>>><<<_________

Hampir semua orang pernah mengalami rasa tidak percaya diri, baik rasa tidak percaya diri bawaan maupun tiba-tiba, pada saat seseorang menghadapi sesuatu hal atau masalah . Untuk tampil percaya diri di segala situasi dan kondisi, ternyata banyak orang yang sulit melakukannya. Padahal, rasa percaya diri dapat menjadi nilai plus bagi seseorang, terutama saat yang bersangkutan berada pada situasi yang sangat strategis, pada saat-saat pengambilan keputusan, ataupun situasi yang sangat menentukan, apalagi saat-saat yang menentukan karirnya si masa depan. Usahawan, sales, ustadz, pembela, pimpinan, manager, semua profesi sangat membutuhkan pribadi dengan rasa percaya diri yang tinggi untuk meyakinkan misi dan visinya kepada pihak lain.
Seseorang yang tidak memiliki rasa percaya diri, mudah berreaksi negatif dalam menghadapi suatu masalah, mudah buruk sangka, bahkan sering menghindar dari tanggung jawab manakala diberikan tanggung jawab padanya. Kekurangan ini menjadikan seseorang cenderung mengisolasi diri. Karena kebiasaan ini, menjadikan rasa tidak percaya diri semakin bertambah.
Rasa percaya diri sangat dibutuhkan dalam menunjang berbagai kegiatan dan profesi. Pada suatu saat, bahkan berakibat langsung pada output. Rasa kurang percaya diri ini sering menimbulkan rasa keragu-raguan. Seseorang akan sulit meyakinkan orang lain, apabila dia sendiri ragu-ragu dalam menyampaikan pendapat, gagasan, saran atau memperkenalkan suatu produk kepada pihak – pihak lain.
Bagaimana menghilangkan rasa kurang percaya diri
Dalam hal sulitnya berkomunikasi, rasa kurang percaya diri dapat dihilangkan di antaranya dengan niat dan rajin melatih diri secara bertahap. Misalnya dengan banyak bergaul, hobi membaca dan sebagainya. Upaya ini akan memperluas cakrawala pengetahuan dan wawasan. Kecuali itu sering berkomunikasi dengan berbagai lapisan, diskusi, akan sangat menolong untuk membiasakan diri berani mengemukakan pendapat.
Tetapi semua upaya ini mesti tidak melupakan koridor-koridor etika sosial, bahasa yang santun, dan yang terakhir wajar. Dalam situasi bagaimanapun, kewajaran ini sangatlah dibutuhkan. Dengan kewajaran dan sifat-sifat alami, tidak dibuat-buat, lawan bicara akan merasa aman, familiar dan tidak kaku. Dalam hal penampilan, untuk menghilangkan rasa kurang percaya diri, seseorang diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan situasi, dimana ia berada, dalam hal bagaimana dan dengan siapa seseorang itu akan berinteraksi.
Mudah-mudahan uraian singkat ini ada manfaatnya. Amien.
Bagaimanakah cara untuk menghilangkan rasa minder itu? Berikut beberapa cara yang bisa membantumu untuk mengatasinya…

Ubah sudut pandangmu…!
Percaya deh kalau rasa percaya diri itu bukan hanya datang dari wajah yang cantik atau tampan. kekayaan yang melimpah kepintaran ataupun status sosial yang tinggi. Rasa minder atau kurang percaya diri itu datang karena kita mungkin lebih memfokuskan diri pada sisi negatif atau kekurangan kita. Merasa diri nggak menarik dan mengabaikan kelebihan yang dimiliki. Takut terhadap penolakan atau cemooh orang terhadap apa yang kita lakukan. Padahal setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Cobalah sekarang kamu ubah sudut pandang mengenai dirimu.. dan fokuskan pada kelebihan yang kamu miliki.

Perluas wawasan dan pergaulan..!
Jangan hanya bersembunyi dibalik buku saja.. Selain perluas wawasan dengan membaca Banyak banyaklah mengupdate berbagai informasi biar kalau diajak ngobrol nyambung.. Perluas juga pergaulanmu. Sering bergaul dengan orang-orang yang nggak kaku dan selalu berpikir optimis juga bisa membawamu lebih percaya diri.

Tataplah..
Rileks saja ketika kamu berintekasi dengan oranglain. Meskipun kamu harus berhadapan dengan orang paling populer sekalipun. Tataplah mata lawan bicaramu. Jika kamu nggak bisa menatap matanya karena kalah dengan rasa rendah dirimu cobalah untuk menatap batang hidung lawan bicaramu. Orang tidak akan menyadari bedanya kalau kamu hanya menatap batang hidungnya saja. Nah jika kamu sudah lebih percaya diri mulailah untuk menatap mata lawan bicaramu. Latihlah terus agar kamu bisa mengalahkan rasa mindermu.

Bersyukur..
Kenapa bersyukur? Pada dasarnya orang yang suka merasa minderan lebih melihat ke “wah”-an orang lain. Sibuk membanding-bandingkan keberhasilan dan keunggulan oranglain dari dirinya. Padahal sejatinya setiap manusia memiliki kelebihan dan keunikan masing-masing. Orang yang minder biasanya cenderung lebih bisa menghargai oranglain dibanding menghargai dirinya sendri. Hargailah dirimu dan syukurilah apa yang Tuhan berikan padamu. Galilah potensimu dan yakinlah kalau kamu memiliki sesuatu yang dapat kamu banggakan.

Lebih aktif..
Kalau ibaratnya sebelumnya kamu hanya lebih suka menjadi penonton coba deh sekarang kamu menjadi pemeran.. Aktiflah diberbagai organisasi.. Perbesarlah peranmu diantara kawan-kawanmu. Misalnya menjadi panitia suatu acara mengikuti club ataupun komunitas.

Hidup cuma sekali.. Jangan sibukkan dirimu dengan rasa mindermu.. Hentikan rasa minder yang bisa menghalangimu menuju sukses.. Ambilah setiap kesempatan dalam hidupmu.. Yakinlah kalau kamu pasti bisa!
_______>>><<<_______

Oleh: ankamal | Januari 1, 2010

Kesetiaan dan ketulusan (Suamiku)

Kisah ini merupakan kisah nyata curahan hati dari salah satu teman saya (buat yg ngerasa maksih ceritanya dan izin publikasinya). Maksud baiknya adalah memberikan pelajaran buat kita akan sebuah kesetian dan ketulusan nyata. Semoga kita bisa mengambil hikmahnya.
Sudah siap membaca ceritanya? tarik nafas dulu biar hidmat..hehe..

________________________
Lima tahun lalu tepatnya saat aku masih SMP, kelas 3 waktu itu, aku mencintai seseorang. Ali namanya,singkat cerita kita berpacaran dua hari setelah ultahku yang ke-15, mas Ali biasa kusebut begitu, kita selisih umur 10 tahun, ya… memang jauh, tapi tak mengapa bagiku karena aku mencntainya.Cinta memang buta tak mengenal usia, dia bukan penggangguran, melainkan perantau yang memiliki penghasilan, dia taat beribadah, rajin, rapi bersih, wangi, dan lembut, sudah cukup bagiku.
Setelah 3th berpacaran dengan komunikasi jarak jauh, karena hubungan kita terpisah jarak, antar kota bahkan sempat antar pulau
terakhir mas Ali merantau ke Poso Sulteng, setahun disana & pulang saat aku selesai sekolah,sering kerikil-kerikil kecil menyandung hubungan kami, kami pun sempat putus, boleh dibilang aku menghianati hubungan kami, tapi kata putus itu hanya mampu memisahkan kami s’lama 3 hari, karena cinta kita bersatu kembali.
Setelah selesai sekolahku, mas Ali pulang untuk melamarku (ket. kami orang satu kampung). kuterima & kami menikah pada 21 Juni 2008, seminggu setelah pengumuman kelulusanku. memang gila tapi apa mau dikata, aku tidak bisa bila harus melihatnya meninggalkan ku, cinta memang gila.
Aku sadar bahwa aku melakukan hal bodoh, karena saat melewati hari-hari tanpa cinta dari mas Ali aku merasa sakit sendiri, memang kita putus karena aku menghianati logikanya mas Ali yg sakit hati tapi kenyataanya aku yang merasakan sakit,” satu hal lagi, karena keluarga kita masing-masing sedah tau hubungan kita, orang sekampung & semua orang yang mengenal aku & mas Ali, tanpa terkecuali, bahkan orang yang membuat aku berkhianat pun mengetahuinya.
Sebulan setelah menikah, yaitu akhir bulan Juli, aku dibawa suamiku ke Poso, karena suamiku mencari nafkah dikota itu sebagai teknisi hp. Akupun melakukan perjalanan jauh dari kota Sukoharjo, Solo Jateng hingga Poso Sulteng, naik travel selama 5-6 jam untuk kebandara Yuanda Surabaya. Sudah melelahkan bagiku belum ditambah perjalanan mgengunakan pesawat yang menghabiskan waktu 3-4 jam waktu itu, itupun baru sampai di Palu untuk menuju kota tujuan yaitu Poso harus menggunakaan travel lagi dengan perjalanan 5 jam dengan medan yg ditempuh, gunung, tebing & hutan. Hal itu menbuatku sangat cape & betul-betul menghabiskan tenaga karena sebelumnya aku memang tidak pernah mlakukan perjalanan jauh.
Peerasaan….. senang karna pacarku yang dulu memiliki tanggungjawab & keberanian.
sedih saat didlm pesawat yamg siap lepas landas, karena aku akan pergi jauh dari orang-orang terdekatku, yang selalu bersama s’lama 18th, orang tuaku & keluargaku, tapi semua itu terhapus dengan ketulusan yang suamiku berikan.
Saat sampai di Poso, pagi harinya saat aku sedang buang pup di wc, aku pingsan karena yang aku rasakan hanya sakit diperut & tidak ada yang aku keluarkan. Disitulah awal semua ceritanya,
karena tubuhku lemas & tidak kuat berdiri suamiku yang menggendong hingga memandikanku. yang lebih membuatku menangis terharu adalah, sakitku selama 7 hari, disitu aku tidak bisa bangun dari tempat tidur, membuka mata saja sakit rasanya, yang paling parah, aku tdk bisa berjalan ke wc untuk buang hajat, akhirnya s’lama 5 hari aku buang air ditempat tidur, dikasih masuk makanan muntah, minum muntah, betul-betul sakit terparah yang pernah aku rasakan, namun walau keadaanku begitu suamiku tetap setia menemani & memberi semangat unttk sembuh, suamiku dengan sabar merawatku, dia yang membersihkan celana bekas buang hajatku, membersihkan sprai, memandikanku mengangkat aku dari laintai ke lantai bawah utk membersihkan tubuhku, aku betul-betul seperti bayi yang tidak bisa apa-apa. Setiap waktu shalat tiba suamiku selalu mengajak shalat berjamaah, walau aku tidak bisa berdiri.
Bayangkan , pengantin baru, seharusnya aku yang memanjakan suamiku dengan tanggungjwbku sebagai istri tapi malah sebaliknya, dia memberikan sesuatu yang tak pernah aku fikirkan, kesetiaan & kesabaran yg luarbiasa, ada sesal karna dulu aku pernah menyakitinya, dan kini dia telah membuktikan ketulusannya,
Terimakasih Yaa Alloh, karna Engkau telah memberikanku seorang pendamping yang mampu betul-betul menjadi imamku, terimakasih karena Engkau menyatukan kami berdua, & atas segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku, aku tidak akan pernah menyianyiakannya(suamiku).

Harapan : pertama i love you buat suamiku tercinta,
kedua, kita dr depan emang sdh komitmen utk tdk memiliki momongan dl, hingga usia perkawinan kita 2th ato kata lain kita pingin bulan madu selama 2th h h h h
kini sdh sukses selama 18bln tingal beberapa bulan lg, & insyaalloh th dpn kita siap serius bikin baby, jd semoga Alloh memberikan kelancaran, amiin….
(umur 22 aku pnya ank, brarti suamiku 33th, dg begitu aku tdk akn egois memikirkan kesenanganku sndiri)

Oleh: ankamal | Januari 1, 2010

Terlalu cepat semua itu . . .

Seketika ku telah mengetahuinya, walau raut tak menampakkan sosok diri dalam merona tak menentu. Bukan aku tak peduli, tapi begitu cepat kesakralan akan keindahan yang kau sendiri belum pasti. Hanya samaran bayang akan sebuah harap kau ciptakan dalam kesemuan. Atau, apakah terlalu mudahnya hembusan rasa kau cipta dalam kepastian? Nyatanya tak mampu ku ambil secepat busur panah melesat lepas dalam ketegangannya. Mungkin tak mudahnya bagiku berkata iya, walau setumpuk rasa tlah menjunjung bak gunung menjulang… Tapi semua ini masih semu, aku butuh perkenalan, pemahaman dan pengertian. Kalaupun kau sekarang anggapku tak hiraukan atas semua gundah dan dilema yang kau agungkan itu karena atas nama cinta, secepat itukah kau memaknainya? Ada rasa ketenangan, ada rasa kemesraan yang sekarang kau mampu hadirkan dalam senyum nyata yang kau cipta, mengapa terlalu cepat kau paksa aku untuk membencimu? Biarlah nestapa hatiku dan hatimu terbalut rindu di dada, kalau memang itu menjadi indah sesaat. Maaf, atas luka yang mungkin kau rasa.

Oleh: ankamal | Desember 31, 2009

Kondom dan Tahun Baru.

Survei membktikn barang yang paling laris dijual dipasaran saat mendekati perayaan psta tahun baru adalah “kondom” dan sebagai orang muslim sebenarnya sudah dijelaskan didalam Al-Quran “bahwa tidak akan datang pada kalian tahun-tahun yang lebih buruk dari pada tahun ini”. Lambat laun kita pun termakan usia, sama seperti bumi ini, semakin lama semkin rusak, apa lagi juga manusia yang tidak mau menjaga & menghormati lingkungan, maka imbas dari kelalaian manusia itu akan manusia rasakan juga. Bukan tahunnya yang seharusnya kita beri selamat, tapi diri kita yang harus dido’akan agar selamat dari makin burukny tahun-tahun yang akan datang, bukan hanya buminya yang sudah rusak, tapi moral dari pada manusianya itu sendiri, coba lihat baru 2009 saja sudah banyak gadis-gadis tidak malu mengatakan jika diriny sudah tidak perawan lagi, banyak laki-laki yang masih lajang dengan entengnya mengatakan bahwa diriny sudah tidak perjaka lagi, bayangkan, sebegitunya kah rusak moral bangsa ini, banyak wanita diluar sana keluar yang hanya mengenakan tanktop & rok mini, terlihat belahan dadanya, terlihat betis & pahanya yang sehrusnya itu mejadi perhiasan terbesar mereka, malah seenaknya dipamerkan, maka jangan salah jika banyak kasus pemerkosaan terjadi, karena mungkin bukan terjadi hanya karena kesalahan si prianya. Puteri Indonesia saja enak melenggang dengan bikininya di konetes Miss Univers, apa. . . ? UU Pornografi kaya gak ada artinya.
Untuk itu mari kita berdoa sama-sama untuk keselamat jiwa & raga kita dari segala macam ancaman yang akan datang, berdoa agar kita dapat selalu dijalan yang benar, berdoa agar kita selalu mendapat ridho, rahmat, & hidayahnya. Selalu mendapat petunjuk untuk setiap kebenaran, berdoa agar kita dapat menjaga diri dari godaan saithon yang mengajak kita untuk s’lalu menuruti hawa nafsu, & mengabaikan tanggung jawab kita.

Oleh: ankamal | Desember 31, 2009

TAHUN BARU?… Merenung dulu Yuk!!!

entar lagi memasuki tahun baru nih??
hmmm…. Tahun nanti akan bagaimana ya??…
Sebelum memasuki tahun baru beberapa artikel yang saya temukan dalam sebuah renungan tahun baru. Semoga benar-benar bisa menjadi sebuah renungan buat kita. Saling mengingatkan dalam kebaikan, kenapa tidak kan?_____________________….

Tinggal beberapa jam lagi kita akan memasuki tahun yang baru. Sebuah renungan tahun baru dan intropeksi diri diperlukan untuk mengingat kejadian-kejadian  yang sudah kita lewati selama 1 tahun lalu. Renungan akan keberhasilan, renungan akan kegagalan, renungan akan cinta yang takkan tergerus oleh jaman hingga per-sahabat-an yang penuh makna. Tahun baru menawarkan sejumlah harapan yang akan dicapai, sejumlah harapan untuk menebus kegagalan tahun lalu, harapan untuk menjadi lebih baik. Setiap individu melewatkan malam tahun baru dengan cara yang berbeda-beda, dengan tema renungan tahun baru yang berbeda pula, dengan cara penghitungan hidup yang takkan pernah sama.

Mungkinkah dengan pertambahan tahun dianggap sebagai sekedar pertambahan usia, pertambahan tugas kerja, pertambahan kenikmatan hidup dll. Setiap sobekan kalender ditandai dengan suatu kegembiraan yang tiada tara hingga terkadang lupa bahwa akan ada hari dimana ini semua akan berakhir, hari dimana ini semua akan menunjukkan kesia-siaannya. Manusia hanya menjaring angin, hanyalah mampir untuk minum, hanyalah sebuah bunga yang hari ini berkembang indah dan keesokan harinya layu dan dilupakan orang.

Bertambahnya suatu tahun sebenarnya adalah pengurangan dari tahun itu sendiri. Bertambahnya suatu usia hakekatnya adalah berkurangnya usia. Inilah yang disebut cara penghitungan kurang. Semua ada batasnya, pertandingan ini ada garis finisnya, perlayaran ini ada dermaganya. Semua sudah ditentukan, semuanya sudah ditetapkan. Ketika kita meniup terompet tahun baru atau meniup lilin ulang tahun, itu menandakan bahwa bunyi dan nyala api kita semakin berkurang dan semakin berkurang

Seberapa banyak kita telah membagikan hidup kita selama kita menghabiskan 365 hari lalu untuk orang lain ? Seberapa banyak orang lain merasakan bahwa kita hadir disaat mereka memerlukan ? Seberapa peka hati kita ketika melihat ada orang lain yang tersungkur ditepi jalan karena habis dirampok dan dianiaya ? Berbagi hidup untuk orang lain adalah kebahagiaan sejati yang bisa kita dapatkan. Kalau boleh jujur, kita merasa bahagia justru disaat kita memberi sesuatu, bukan saat menerima sesuatu. Kita adalah makhluk sosial, dibentuk dan di modifikasi secara khusus oleh Yang Maha Kuasa untuk berbuat sesuatu bagi orang lain.

Itulah sebabnya, bukan Tahun Barunya yang penting, tetapi bagaimana setiap manusia mulai menata ulang sikap mentalnya untuk memasuki tahun baru. Bahkan, setiap orang akan mampu merayakan Tahun Baru kapanpun dengan ungkapan syukur karena ia berhasil mengubah cara berfikir, sikap, dan tingkah lakunya dalam bergaul dengan orang lain

Renungan tahun baru adalah moment intropeksi diri yang paling mujarab untuk memberikan kita motivasi agar menjadi lebih baik se-tahun kedepan. Renungan dan harapan baru ditahun yang baru ini semoga dapat menjadi sedikit bekal buat kita menyongsong tahun yang penuh tantangan dan keberhasilan.

“Tahun baru bermakna menemukan JATI DIRI yang sesungguhnya tentang makna KEHIDUPAN dan ARTI HIDUP”

Oleh: ankamal | Desember 29, 2009

Antara rasa, asa, dan cita

Pernah meraskan hal yang sama? menyimpan antara rasa, asa, dan cita tertuju pada seseorang. ya, dia, dia yang menjadi tambatan hati. emh, terlalu berlebihan memang, tapi kenyataan antara rasa, asa, dan cita itu terus membumbung tinggi. Sebuah Do’a pun terlontar dari gagapnya mulut berucap, tapi kekuatannya takkan tertandingi karena berbalutkan tekad akan kisah yang berujung manis walau cemas masih menghantui.

“Tuhan aku ingin menjadi miliknya

Aku ingin tenang di sampingnya

Cintaku kepada hamba Mu

Adalah ibadahku untuk Mu

Sekiranya dia bukan untukku hapuskanlah perasaanku kepadanya”

Sekiranya tak pantas membumbung rasa, asa, dan cita pada penghambaan pada satu cinta yang belum nyata. Tapi, apakah salah atas apa yang kini ada? menusuk sukma dan tak mampu menepiskannya barang sekejap…. Tuhan… Engkaulah pemilik hati ini, tautkanlah hati ini dengan hati hambamu yang selalu tertaut cintanya pada-Mu.

Oleh: ankamal | Desember 29, 2009

MUTIARA KATA

Tetesan air dapat membentuk Sungai,

Kumpulan butiran beras bisa memenuhi Lumbung,

Lakukan perbuatan Baik meskipun Kecil !
____________________ . . .

Anggaplah segala Permasalahan sebagai Pelajaran,

sedangkan Pujian sebagai peringatan untuk lebih Mawas diri !
___________________ . . .

Adanya “keluarga” yang baik,
baru ada “masyarakat” yang baik,
Adanya “masyarakat” yang baik,
akan menciptakan “Negara” yang baik !
________________ …

Tidak perlu merasa khawatir atas banyaknya masalah,
Yang perlu dikhawatitrkan hanya masalah yang sengaja dicari-cari !
_______________ . . .

Bermimpilah seperti jika anda akan hidup selamanya, jalani hidup seperti jika anda akan mati hari ini.
Dream as if you’ll live forever, live as if you’ll die today.
______________ . . .

Cintailah kehidupan, dan kehidupan akan mencintai anda. Cintailah orang lain, dan mereka akan mencintai anda.

Love life and life will love you back. Love people and they will love you back.
_____________ . . .

Cinta tidak pernah meminta, ia sentiasa memberi, cinta membawa penderitaan, tetapi tidak pernah berdendam, tak pernah membalas dendam. Di mana ada cinta di situ ada kehidupan; manakala kebencian membawa kepada kemusnahan.~ Mahatma Ghandi

Tuhan memberi kita dua kaki untuk berjalan, dua tangan untuk memegang, dua telinga untuk mendengar dan dua mata untuk melihat. Tetapi mengapa Tuhan hanya menganugerahkan sekeping hati pada kita? Karena Tuhan telah memberikan sekeping lagi hati pada seseorang untuk kita mencarinya. Itulah namanya Cinta.

Ada 2 titis air mata mengalir di sebuah sungai. Satu titis air mata tu menyapa air mata yg satu lagi,” Saya air mata seorang gadis yang mencintai seorang lelaki tetapi telah kehilangannya. Siapa kamu pula?”. Jawab titis air mata kedua tu,” Saya air mata seorang lelaki yang menyesal membiarkan seorang gadis yang mencintai saya berlalu begitu sahaja.”

Cinta sejati adalah ketika dia mencintai orang lain, dan kamu masih mampu tersenyum, sambil berkata: aku turut bahagia untukmu.

Jika kita mencintai seseorang, kita akan sentiasa mendoakannya walaupun dia tidak berada disisi kita.

Jangan sesekali mengucapkan selamat tinggal jika kamu masih mau mencoba. Jangan sesekali menyerah jika kamu masih merasa sanggup. Jangan sesekali mengatakan kamu tidak mencintainya lagi jika kamu masih tidak dapat melupakannya.

Perasaan cinta itu dimulai dari mata, sedangkan rasa suka dimulai dari telinga. Jadi jika kamu mahu berhenti menyukai seseorang, cukup dengan menutup telinga. Tapi apabila kamu Coba menutup matamu dari orang yang kamu cintai, cinta itu berubah menjadi titisan air mata dan terus tinggal dihatimu dalam jarak waktu yang cukup lama.

Cinta datang kepada orang yang masih mempunyai harapan walaupun mereka telah dikecewakan. Kepada mereka yang masih percaya, walaupun mereka telah dikhianati. Kepada mereka yang masih ingin mencintai, walaupun mereka telah disakiti sebelumnya dan kepada mereka yang mempunyai keberanian dan keyakinan untuk membangunkan kembali kepercayaan.

Jangan simpan kata-kata cinta pada orang yang tersayang sehingga dia meninggal dunia , lantaran akhirnya kamu terpaksa catatkan kata-kata cinta itu pada pusaranya . Sebaliknya ucapkan kata-kata cinta yang tersimpan dibenakmu itu sekarang selagi ada hayatnya.

Mungkin Tuhan menginginkan kita bertemu dan bercinta dengan orang yang salah sebelum bertemu dengan orang yang tepat, kita harus mengerti bagaimana berterima kasih atas kurniaan itu.

Cinta bukan mengajar kita lemah, tetapi membangkitkan kekuatan. Cinta bukan mengajar kita menghinakan diri, tetapi menghembuskan kegagahan. Cinta bukan melemahkan semangat, tetapi membangkitkan semangat -Hamka

Cinta dapat mengubah pahit menjadi manis, debu beralih emas, keruh menjadi bening, sakit menjadi sembuh, penjara menjadi telaga, derita menjadi nikmat, dan kemarahan menjadi rahmat.

Sungguh menyakitkan mencintai seseorang yang tidak mencintaimu, tetapi lebih menyakitkan adalah mencintai seseorang dan kamu tidak pernah memiliki keberanian untuk menyatakan cintamu kepadanya.

Hal yang menyedihkan dalam hidup adalah ketika kamu bertemu seseorang yang sangat berarti bagimu. Hanya untuk menemukan bahawa pada akhirnya menjadi tidak bererti dan kamu harus membiarkannya pergi.

Kamu tahu bahwa kamu sangat merindukan seseorang, ketika kamu memikirkannya hatimu hancur berkeping.
Dan hanya dengan mendengar kata “Hai” darinya, dapat menyatukan kembali kepingan hati tersebut.

Tuhan ciptakan 100 bahagian kasih sayang. 99 disimpan disisinya dan hanya 1 bahagian diturunkan ke dunia. Dengan kasih sayang yang satu bahagian itulah, makhluk saling berkasih sayang sehingga kuda mengangkat kakinya kerana takut anaknya terpijak.

Kadangkala kamu tidak menghargai orang yang mencintai kamu sepenuh hati, sehinggalah kamu kehilangannya. Pada saat itu, tiada guna sesalan karena perginya tanpa berpatah lagi.

Jangan mencintai seseorang seperti bunga, kerana bunga mati kala musim berganti. Cintailah mereka seperti sungai, kerana sungai mengalir selamanya.

Cinta mampu melunakkan besi, menghancurkan batu, membangkitkan yang mati dan meniupkan kehidupan padanya serta membuat budak menjadi pemimpin. Inilah dasyatnya cinta !

Permulaan cinta adalah membiarkan orang yang kamu cintai menjadi dirinya sendiri, dan tidak merubahnya menjadi gambaran yang kamu inginkan. Jika tidak, kamu hanya mencintai pantulan diri sendiri yang kamu temukan di dalam dirinya.

Cinta itu adalah perasaan yang mesti ada pada tiap-tiap diri manusia, ia laksana setitis embun yang turun dari langit,bersih dan suci. Cuma tanahnyalah yang berlain-lainan menerimanya. Jika ia jatuh ke tanah yang tandus,tumbuhlah oleh kerana embun itu kedurjanaan, kedustaan, penipu, langkah serong dan lain-lain perkara yang tercela. Tetapi jika ia jatuh kepada tanah yang subur,di sana akan tumbuh kesuciaan hati, keikhlasan, setia budi pekerti yang tinggi dan lain-lain perangai yang terpuji.~ Hamka

Kata-kata cinta yang lahir hanya sekadar di bibir dan bukannya di hati mampu melumatkan seluruh jiwa raga, manakala kata-kata cinta yang lahir dari hati yang ikhlas mampu untuk mengubati segala luka di hati orang yang mendengarnya.

Kamu tidak pernah tahu bila kamu akan jatuh cinta. namun apabila sampai saatnya itu, raihlah dengan kedua tanganmu,dan jangan biarkan dia pergi dengan sejuta rasa tanda tanya dihatinya

Cinta bukanlah kata murah dan lumrah dituturkan dari mulut ke mulut tetapi cinta adalah anugerah Tuhan yang indah dan suci jika manusia dapat menilai kesuciannya.

Bukan laut namanya jika airnya tidak berombak. Bukan cinta namanya jika perasaan tidak pernah terluka. Bukan kekasih namanya jika hatinya tidak pernah merindu dan cemburu.

Bercinta memang mudah. Untuk dicintai juga memang mudah. Tapi untuk dicintai oleh orang yang kita cintai itulah yang sukar diperoleh.

Satu-satunya cara agar kita memperolehi kasih sayang, ialah jangan menuntut agar kita dicintai, tetapi mulailah memberi kasih sayang kepada orang lain tanpa mengharapkan balasan. (Dale Carnagie)

Oleh: ankamal | Desember 29, 2009

Hidup Tanpa Dosa? mampuhkah?

Seorang gadis kecil bertanya kepada ayahnya, “Ayah, bisakah seseorang melewati seumur hidupnya tanpa berbuat dosa?”

Ayahnya menjawab sambil tersenyum : “tak mungkin, nak.”

“Bisakah seseorang hidup setahun tanpa berbuat dosa?” tanyanya lagi.

Ayahnya berkata: “tak mungkin, nak.”

“Bisakah seseorang hidup sebulan tanpa berbuat dosa?”

Lagi-lagi ayahnya berkata : “Tak mungkin, nak.”

“Bisakah seseorang hidup sehari saja tanpa berbuat dosa?” gadis kecil itu bertanya lagi.
Ayahnya mengernyitkan dahi dan berpikir keras untuk menjawab: “mm….. mungkin bisa, nak.”

“Lalu…. bisakah seseorang hidup satu jam tanpa dosa? tanpa berbuat jahat untuk beberapa saat, hanya waktu demi waktu saja, yah? Bisakah?”

Ayahnya tertawa dan berkata : “Nah, kalau itu pasti bisa, nak.”

Gadis kecil itu tersenyum lega dan berkata : “Kalau begitu ayah, aku mau memperhatikan hidupku jam demi jam, waktu demi waktu, momen demi momen, supaya aku bisa belajar tidak berbuat dosa. Kurasa hidup jam demi jam lebih mudah dijalani, ya?”

Older Posts »

Kategori